Cara Menentukan Target Pasar Yang Tepat Di Media Sosial

Cara Menentukan Target Pasar Yang Tepat Di Media Sosial

Alasan mengapa segmentasi pasar penting agar perusahaan mampu memasarkan produk tepat sasaran. Jika perusahaan melakukan segmentasi pasar dengan efektif, secara tidak langsung perusahaan turut meningkatkan efektivitas pemasaran dan juga efisiensi sumber daya perusahaan. Setelah segmentasi pasar dilakukan maka berikutnya kamu akan bisa menentukan target pasar bagi bisnismu. Yang dimaksud goal pasar adalah keputusan pasar yang akan dituju oleh perusahaan yang terdiri atas sejumlah pembeli yang memiliki kebutuhan dan karakteristik tertentu.

Beberapa cara untuk mengetahui target market

Semakin akurat knowledge mengenai calon konsumen, maka semakin menarik pula media pemasaran yang dibuat. Salah satu pentingnya menentukan target pasar berkaitan dengan perencanaan budget untuk pemasaran. Tanpa goal yang jelas, pemasaran akan menyasar pada semua calon konsumen tanpa melihat ciri dan karakteristik dari konsumen tersebut. Agar bisnis bisa meraih sukses, menentukan target pasar merupakan hal yang tidak terelakkan. Dalam merintis usaha dan melakukan pemasaran, proses ini sangat penting untuk dilakukan. Namun, seberapa pentingnya kah penentuan target pasar dalam sebuah usaha?

Setelah itu dapat dilakukan survey yang memungkinkan untuk mengetahui kelemahan dan kekurangannya. Sebagai contoh, perusahaan XYZ pada tahun 2008 memiliki target market share sebanyak 10% dari keseluruhan pasar. Untuk mencapai target pasar tersebut, dibutuhkan biaya promosi sebesar Rp100 juta.

Menciptakan dan membangun jaringan pasar sehingga bisnis menjadi lebih besar. Memiliki keyakinan bahwa perusahaan tersebut akan berhasil di bisnis yang dijalankan. Memilih bisnis yang masih tergolong baru dan belum banyak kompetitor dari perusahaan lain.

Hal ini karena semua knowledge yang Anda miliki dari target pasar akan membantu menentukan produk yang disukai oleh pelanggan. Strategi pemasaran yang baik akan menentukan respon pasar terhadap produk yang dihasilkan. Hal ini karena sosial media memiliki kekuatan besar khususnya dalam bisnis online. Dengan begitu akan mampu untuk memilih strategi yang tepat dan mengetahui di mana seharusnya melakukan promosi pasar untuk target market yang disasar. Kesalahan pemilihan strategi pemasaran yang digunakan dapat berakibat fatal, seperti misalnya angka penjualan yang tidak sesuai dengan ekspektasi. Kamu juga bisa menentukan target market kamu dengan mengamati kompetitor yang telah memulai usahanya lebih dulu.

Pivot merupakan desain struktur koreksi alir kerja untuk mencoba hipotesis fundamental baru tentang produk, strategi dan pertumbuhan. Contoh perusahaan startup yang menerapkan Pivot adalah Groupon yang berjalan dengan platform aktivitas on-line The Point. Setelah sama sekali tak mendapat perhatian, para pendirinya membuat blog WordPress dan meluncurkan promosi kupon pertama untuk sebuah merek Pizza yang lokasinya satu gedung dengan mereka.

Kemudian faktor yang mempengaruhi target pasar dan menjadi perhatian adalah sumber daya perusahaan. Perusahaan mendapatkan sumber daya alam dari dalam perusahaan itu sendiri atau bekerja sama dengan pihak luar. Adapun konsekuensi yang didapatkan dari pihak luar adalah penghasilan dan risiko perusahaan ditanggung bersama-sama. Bentuk kerja sama dengan pihak luar dapat dijalankan dengan ventura atau production sharing.

Cinthia Louis yang selalu berbagi suggestions menarik lewat Instagram storynyaAnda tidak perlu khawatir karena story telling dapat dilakukan dengan berbagai format di platform Instagram. Anda tidak melulu harus merekam diri Anda sendiri saat sarapan pagi, naik MRT, makan siang dengan co-worker jika Anda merasa tidak nyaman di depan kamera. Anda cukup membuat cerita dan mengetik cerita lucu atau lagiā€¦ studi kasus yang mungkin menarik yang bisa menghibur audiens goal Anda. Setelah itu, Anda bisa melakukan softselling beberapa produk atau jasa yang Anda miliki.

Comments are closed.